Senin, 18 September 2023

Contoh Komunikasi Massa Memiliki Sifat Komunikasi

Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses penyampaian pesan atau informasi dari sumber atau penerbit ke audiens yang terdiri dari banyak orang melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet. Sifat dari komunikasi massa adalah komunikasi, artinya suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lainnya.

Komunikasi massa memiliki sifat interaktif, artinya tidak hanya sumber atau penerbit yang memberikan pesan, tetapi audiens juga memberikan respons terhadap pesan tersebut. Respons yang diberikan oleh audiens dapat berupa tanggapan positif, negatif, atau netral terhadap pesan yang disampaikan oleh sumber atau penerbit.

komunikasi massa juga memiliki sifat heterogen, artinya audiens yang dituju memiliki latar belakang, budaya, dan pengalaman yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan harus disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan audiens agar dapat diterima dengan baik.

Komunikasi massa juga memiliki sifat seragam, artinya pesan yang disampaikan harus konsisten dan sama untuk semua audiens yang dituju. Hal ini bertujuan untuk menjaga kredibilitas dan kepercayaan audiens terhadap sumber atau penerbit.

Sifat berkelanjutan juga merupakan ciri dari komunikasi massa, artinya pesan atau informasi yang disampaikan tidak hanya sekali saja, melainkan berulang-ulang dalam periode tertentu. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pesan yang disampaikan dan memastikan pesan tersebut sampai kepada seluruh audiens yang dituju.

komunikasi massa juga memiliki sifat simbolis, artinya pesan atau informasi yang disampaikan menggunakan simbol, gambar, atau kata-kata tertentu. Simbol atau kata-kata yang digunakan harus mudah dimengerti oleh audiens agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Komunikasi massa juga memiliki sifat persuasif, artinya pesan atau informasi yang disampaikan bertujuan untuk mempengaruhi sikap atau perilaku audiens. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan harus disusun secara strategis dan persuasif agar dapat mempengaruhi audiens dengan efektif.

Dalam komunikasi massa memiliki sifat komunikasi yang melibatkan proses penyampaian pesan atau informasi dari sumber atau penerbit ke audiens yang terdiri dari banyak orang melalui berbagai media massa. Sifat dari komunikasi massa adalah komunikasi, interaktif, heterogen, seragam, berkelanjutan, simbolis, dan persuasif. Sifat-sifat tersebut perlu diperhatikan dalam menyusun pesan atau informasi yang akan disampaikan agar dapat diterima dengan baik oleh audiens.

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)