Kamis, 21 September 2023

Contoh Makalah Yang Ada Kerangka Teorinya

Makalah adalah tulisan ilmiah yang memaparkan hasil penelitian atau telaah suatu topik tertentu. Sebuah makalah yang baik harus memiliki kerangka teori yang kuat sebagai landasan dalam membangun argumen atau hipotesis. Berikut adalah contoh makalah yang memiliki kerangka teori yang kuat.

Judul Makalah: “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja”

Kerangka Teori:
1. Teori Psikologi Sosial
Teori ini menjelaskan tentang bagaimana individu saling mempengaruhi dalam suatu kelompok. Dalam hal ini, media sosial dapat mempengaruhi perilaku konsumtif remaja karena adanya tekanan sosial dan pembandingan sosial yang terjadi di media sosial.

2. Teori Perilaku Konsumen
Teori ini menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Dalam hal ini, media sosial dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja, seperti melalui iklan-iklan yang disajikan di media sosial.

3. Teori Komunikasi Massa
Teori ini menjelaskan tentang bagaimana media massa mempengaruhi persepsi dan perilaku manusia. Dalam hal ini, media sosial dapat mempengaruhi kecenderungan perilaku konsumtif remaja karena adanya pengaruh yang disampaikan melalui iklan dan informasi yang disajikan di media sosial.

Metode Penelitian:
1. Desain Penelitian
Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain survei melalui kuesioner online yang diisi oleh responden remaja.

2. Populasi dan Sampel
Populasi penelitian adalah remaja yang aktif menggunakan media sosial di kota X. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang.

3. Analisis Data
Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda untuk melihat pengaruh media sosial terhadap kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja.

Hasil Penelitian:
Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja. Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain adanya iklan-iklan yang disajikan di media sosial dan tekanan sosial yang terjadi di media sosial.

Kesimpulan:
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media sosial dapat mempengaruhi kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi dan pengawasan dari orang tua, sekolah, dan masyarakat untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan media sosial pada remaja. perlu juga adanya regulasi yang lebih ketat terhadap iklan-iklan yang disajikan di media sosial.

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)